Cara Membuat Koneksi Jaringan WiFi Sendiri di Windows 7 - Sebelumnya telah di postingkan bagaimana cara membuat koneksi wifi di windows xp! Pada kesempatan kali ini saya mencoba membuat koneksi jaringan wifi di Windows 7. Namun sebelumnya seperti biasa saya cuap-cuap dulu biar pada ngerti apa itu Wifi? 

Jaringan WiFi atau Wireless Fidelity adalah jaringan yang terbentuk dari perangkat Wireless Router atau bisa disebut Access Point, yang fungsinya sama seperti kabel LAN tetapi ini tidak membutuhkan kabel alias menggunakan sinyal. Jadi, untuk membuat sebuah jaringan WiFi tersebut pasti membutuhkan perangkatnya, dan biayanya pun tidaklah murah.

Tapi, sekarang ada alternatifnya? Microsoft telah membuat sistem pembuatan jaringan WiFi yang berbasis Ad-hoc, yang jika pada biasanya menggunakan antena pemancar. Untuk membuatnya sendiri tidak terlalu susah. Dengan berbekal laptop atau PC dengan perangkat wirelessnya, maka terciptalah sebuah jaringan WiFi sendiri.

OK langsung saja saya akan menjelaskan tahapan pembuatannya.
  • Jika kita menggunakan PC, maka pastikan perangkat wireless sudah terpasang dan terinstall drivernya dengan benar. Jika kita menggunakan laptop pastikan wirelessnya dalam keadaan hidup.
  • Klik menu icon Connection yang ada di bawah samping kanan Desktop kita, kemudian klik Open Network and Sharing Center.
Connection
  • Maka perhatikan panel sebelah kiri, klik Manage wireless networks.
Manage
  • Klik Add. Kemudian klik Create an ad hoc nerwork.
  • Klik next, dan pada kolom isian Network name isi dengan nama jaringan wifi kita, security type pilih aja WPA-2 jika ingin membuat password jaringan wifi atau No authentication jika ingin membuat jaringan bebas password. Kemudian pada security key isi password jaringan kita.
Isi Nama
  • Beri tanda checklist pada Save this network agar kita tidak perlu membuatnya lagi.
  • Klik next, tunggu sebentar, jika kita punya jaringan internet pada komputer kita, maka ada pilihan pengaktifan Internet Sharing untuk membagikan internet kita dengan jaringan wifi tersebut. Klik saja pilihan tersebut jika ingin berbagi internet, atau close jika tidak.
Selamat kita telah membuat jaringan wifi sederhana. Perlu diingat jaraknya hanya sekitar 30 kaki.
Dan perlu di ingatkan juga, jika kita melakukan shutdown atau restart maka otomatis jaringan tersebut ikut mati dan jaringan wifi-nya tidak otomatis aktif. Klik saja icon Connection yang pada tahap kedua tadi dibawah samping kanan Desktop. klik nama jaringan wifi-nya kemudian connect, pastikan statusnya waiting for users. sumber: mugi.or.id

Bagaimana Mudah Bukan? Semoga tutorial tentang "Cara Membuat Koneksi Jaringan WiFi Sendiri di Windows 7" bermanfaat buat anda yang membaca artikel ini..